Monday 27 October 2008

World is Flat

Dunia itu bulat setidaknya itu kata Christoper Columbus yang lahir pada bulan Agustus sampai Oktober 1451 (tidak ada data pasti kapan), beliau dikenal sebagai pelaut besar dari Italia, seorang penjelajah yang berkebangsaan Genovese. Dan kita mengenalnya sebagai orang yang meng-eksplorasi dunia dengan kapalnya yang diberi nama Santa Maria. Columbus membuat statement baru yang mematahkan teori sebelumnya, yaitu bahwa "bumi itu bulat" dan tidak berujung.

Namun statement Columbus tersebut kembali "dipatahkan" oleh seorang yang bernama Tom Friedman yang baru-baru ini menulis sebuah buku yang diberi judul "The World is Flat". Beliau adalah seorang
kolumnis yang memenangkan Pulitzer Prize untuk kategori comentary, pada tahun 2002 dan itu adalah yang ketiganya pada New York Times. Setelah sebelumnya pada tahun 1983 Fiedman mendapatkan penghargaan yang sama untuk kategori International Reporting dari Libanon, juga penghargaan atas kategori yang sama pada tahun 1988 atas reportasenya dari Israel.

Friedman memberi judul pada bukunya yang baru-baru ini diterbitkan "The World is Flat", seberapa flat kah dunia menurut Friedman??

Buku ini menjelaskan mengenai efek dari globalisasi pada dunia saat ini, dan kapan hal tersebut dimulai. Dasarnya adalah bicara mengenai gabungan tiga perubahan teknologi yang menciptakan platform global baru dimana setiap orang dimana pun dapat berhubungan dengan mudah lebih dari pada masa sebelumnya. Dan teknologi yang paling merubah dan yang pertama itu adalah PC atau Personal Computer, dimana saat seseorang memiliki PC mereka memiliki diri mereka dalam dunia digital dan itu merubah sejarah dunia. Kita semua bisa share data, cerita, grafik, video, photo-photo dan banyak hal lainnya kepada teman-teman diseluruh dunia, tanpa ada batasan waktu dan tempat. Juga perubahan komunikasi karena adanya PC, kita semua bisa ngobrol setiap waktu dengan teman-teman dalam real-time.

Begitu juga perubahan-perubahan dalam teknologi informasi itu sendiri, baik dalam pembuatan software bisnis atau pun komunikasi dan sosial. Banyak pembuatan platform baru dan kreatif dalam teknologi. Dimana setiap orang saat ini memiliki akses masuk pada platform teknologi untuk melakukan inovasi-inovasi.



Banyak hal yang dijelaskan oleh Friedman dalam bukunya mengenai efek globalisasi, perubahan-perubahan apa saja dan dampaknya, kalau mau tau lengkap.... ya baca aja kali ya bukunya, kamu bisa melihat gambar diatas (mind map) ringkasan dari apa yang dibagikannya pada buku tersebut (recomended to read, red).

click here! related article to this topic
-by demulyono

No comments: