Saturday 11 October 2008

Apa hartamu?

“Apa yang mengontrol hatimu itu mengontrol kebiasaanmu”

Tuhan Yesus dalam Matius 6 menjelaskan, apa yang kita sembah, akan menjadi sesuatu yang mengontrol kita. Yesus menggunakan kata yang bagus sekali untuk menghubukannya: “harta.” Harta adalah sesuatu yang berharga, yang memiliki nilai. Karena itu ada pepatah yang mengatakan, “Sampah seseorang adalah harta bagi orang lain.”

Dalam Matius 6:19-24, Tuhan Yesus mengingatkan kita bahwa kita semua hidup untuk mendapatkan harta. Apa yang kita putuskan sebagai sesuatu yang berharga, itu adalah apa yang akan mengontrol hati kita (ay. 21). Waktu kita perhatikan diri kita, maka akan lebih muda melihat maksud dari ayat tersebut. Waktu kita mendapatkan sesuatu yang kita anggap berharga, kita akan menjadi senang dan rasanya semua sesuai rencana serta menjadi lebih percaya diri; tapi waktu tidak mendapatkannya, kita langsung merasa sedih dan frustasi. Apakah itu harta, pasangan, game, dan lainnya, kita bias melihat itu dari diri kita sendiri. Sebagai contoh lain adalah pekerjaan atau karir, bukan tidak baik kita bekerja atau berkarir, namun maksud Yesus disini adalah siapa yang menjadi tuan dalam hati kita, dalam keseharian yang kita jalani.

Akhirnya, Yesus berkata demikian (ay. 24), bahwa hati kita selalu dibawah control oleh sesuatu. Jika sesuatu itu berharga untuk kita, kita akan mencarinya dalam segala situasi dan setiap hubungan yang kita jalani dalam keseharian kita.

Jadi, apa yang mengontrol hati kamu akan mengontrol kebiasaanmu.

1 comment:

jep said...

kadang kita suka lupa kalo harta lahiriah cm sementara aja dan melupakan harta sejati....smoga kita selalu inget... apa yg kita punya cuma titipan aja..